× Redaksi Tenrang Kami Pedoman Media Siber Privacy Policy
Beranda Aceh, ekbis Sambut Idul Adha Aceh Besar Siapkan 30.056 Ternak

Sambut Idul Adha Aceh Besar Siapkan 30.056 Ternak

SHARE
Sambut Idul Adha Aceh Besar Siapkan 30.056 Ternak

Jakfar, SP (Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Aceh Besar) foto: dokred.

Atjehlife.net - Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Aceh Besar, Jakfar, SP memastikan stok ternak atau daging dalam rangka menghadapi idul Adha 1441 H yang akan jatuh pada Jumat 31 Juli 2020 (pekan depan) dalam keadaan cukup. Meski Aceh Besar peyangga dari Ibu Kota Provinsi Aceh, Kota madya Sabang dan Pidie.

"Untuk stok daging menjelang meugang dan hari raya kurban tahun ini, Aceh Besar telah mempersiapkan stok ternak yang mencukupi," kata Jakfar didampingi Kabid Bidang perternakannya, Eva yang diwawancarai media ini di Kantornya di Kota Jantho, baru baru ini.

Lebih lanjut kata Jakfar, ternak yang akan disembelih untuk meungang maupun kurban telah mendapat rekomendasi dari petugas kesehatan hewan Aceh Besar untuk di jadikan ternak pedaging, baik terjak besar, Kecil maupun unggas.

"Seluruh ternak yang akan disembelih telah melalui pemeriksaan petugas, pun demikian dalam prosesi penyembelihan pemerintah juga menugaskan tim pemantau terhadap kualitas daging ternak yang dijual di pasaran," jelas Jakfar lagi.

Adapun jumlah total ternak yang menjadi stok daging idul adha tahun ini, sambung Jakfar, berupa 2.333 ekor Sapi Jantan, 579 ekor Kerbau Jantan, 1235 ekor Kambing atau domba dan 25.909 ekor ayam boiler.

"Jumlah itu adalah stok ternak yang telah disiapkan," ujar Jakfar.

Cegah Putus Produksi

Dari dua jenis ternak besar yang disiapkan pemerintah Aceh Besar tahun ini yaitu, Kerbau dan Sapi seluruhnya berupa ternak jantan dan tidak ada satu pun ternak betina. Hal ini dilakukan pemerintah Aceh Besar dalam rangka upaya mencegah putusnya produksi populasi ternak yang saat ini sedang terus dipacu pemerintah setempat.

Kecuali, bila ada ternak betina yang sudah tidak berproduksi lagi baru dapat dijadikan sebagai ternak pedaging.

"Seluruh hewan ternak yang disembelih berjenis kelamin jantan, sementara untuk betina belum ada yang melaporkan menyembelihnya, ini sejalan dengan anjuran pemerintah Aceh Besar mencegah habisnya ternak betina dalam rangka memacu populasi ternak besar kembali meningkat," jelas Jakfar.

Terkait jumlah populasi ternak saat di Kabupaten Aceh Besar, berdasarkan data BPS atau by name by address berjumlah Sapi 79.424 ekor, Kerbau 12.049, Kambing 58.550, unggas Ayam, 545.583 dan Itik 124.670.

Penyakit Ternak yang Pernah Ditemukan

Untuk mendeteksi dan mencegah ancaman efek buruk bagi manusia, Pemerintah Aceh Besar melalui Dinas Pertanian didukung oleh sejumlah instansi terkait akan menurunkan tim pemantau ke sejumlah titik penyembelihan hewan baik untuk persiapan meugang idul adha maupun di lokasi hewan qurban dilaksanakan.

Para mantau itu nanti akan memeriksa ulang seluruh ternak yang dipotong terutama hati dari ternak yang disembelih, mengingat penyakit yang tidak dapat dideteksi secara kasat mata adalah penyakit ternak berupa cacing hati. (01)